Breaking News

7.5.18

Cara Menstabilkan Signal Ku Band Setelah Hujan Lebat

DVB Satelit - LNB Ku Band merupakan LNB yang digunakan untuk menangkap satelit Ku Band. LNB Ku Band terbagi dua yaitu LNB Ku band prime fokus dan LNB Ku Band  offset dengan noise dan db berbeda-beda. LNB Ku Band prime fokus digunakan untuk menangkap siaran Ku Band menggunakan dish solid 6 feet keatas sdgkan LNB Ku Band offset digunakan untuk menangkap siaran Ku Band menggunakan dish mini dan rata-rata dish mini tersebut dish mini bekas paytv. Breket yang digunakan untuk lnb Ku Band Prime Fokus sangatlah berbeda dengan breket yang digunakan lnb offset. LNB Ku Band prime fokus menggunakan breket besi dengan titik fokus pada tengah LNB sedangkan LNB Ku Band offset menggunakan breket karah plastik dan sangat mudah patah dan pecah jika terlalu dipaksakan menguncinya.

Range frekwensi LNB Ku Band sekarang pada umumnya universal 09750-10600 dan pengaturan itu sama pada pengaturan antena setiap receiver. Berbeda dengan LNB Astro kalau frekwensi 10.000-11.000 menggunakan range frekwensi 09750 on sedangkan kalau menggunakan frekwensi 12.000 keatas menggunakan range frekwensi 10.600 on.

LNB Ku band memiliki kelemahan dan itu tidak bisa diatasi dengan cara apapun. Kelemahan tersebut adalah LNB Ku band sangat rentan sekali dengan hujan lebat sehingga ketika hujan lebat signal akan menjadi hilang. LNB Ku Band prime fokus hanya hilang signal ketika hujan lebat saja karena LNB basah semua bagian dan akan cepat normal setelah hujan reda. Berbeda dengan LNB Ku band jenis offset yang paling berpengaruh ketika hujan lebat adalah tutup LNB, hal tersebut  karena pantulan air yang merembes ke tutup LNB sehingga tutup LNB menjadi basah.

Untuk menstabilkan signal Ku band setelah hujan teduh kalau dish parabola terletak dibawah menggunakan botol air mineral pada tutup LNB karena  mempermudah cara kerja  ketika hujan teduh, botol air mineral cukup dilepas saja  dmaka signal akan normal. Kalau LNB tidak menggunakan botol air mineral LNB harus dilap menggunakan kain kering pada tutup LNB. Menutup LNB dibagian atas dengan tutup periuk, ember plastik, botol air mineral yang besar seperti botol air galon yang kecil tidak akan berpengaruh karena yang kena efek hujan adalah tutup LNB. Menutup tutup LNB dengan botol air mineral yang kecil akan membuat embun air semakin banyak sehingga signal cepat hilang ketika hujan gerimis. Menggunakan tutup botol mineral hanya mempermudah cara kerja ketika hujan sudah teduh saja tapi membuat signal cepat drop ketika hujan gerimis. Kalau LNB penutupnya ada sebaiknya tidak menutup dengan botol air mineral kecil. Cukup lap saja LNB setelah hujan berhenti.

Untuk menstabilkan signal LNB Ku Band offset yang dish parabola terletak diatas atap setelah hujan reda supaya cepat normal signalnya cukup dengan menukar channel ke frekwensi Ku Band tertinggi. Biarkan dichannel tersebut selama 15 menit dan signal akan berangsur pulih hal tersebut berguna untuk menghangatkan LNB Ku Band supaya tidak lembab dan lembabnya menjadi hilang. Ketika sudah hampir normal signalnya ceklah ke channel yang frekwensi terendah apakah sudah muncul sedikit signal dan gambar sudah cling, pindahkan ke channel tersebut supaya signal LNB Ku band semakin normal dan stabil kembali. Semoga tips ini bermanfaat buat pembaca semuanya.


Penulis  : DVB Satelit
Editor   : DVB Satelit

No comments:

Post a Comment

Designed By DVB Satelit